Skip to main content

Elasmobranchii

 

Makroalga (Alaria esculenta dan Palmaria palmata)

makalah alaria esculenta dan palmaria palmata
Makalah Makroalga (Alaria esculenta dan Palmaria palmata)

BAB I
PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang
Luas wilayah Indonesia sebagian besar adalah wilayah perairan, yaitu dua pertiganya. United Nation Convention on the Law of the Sea (UNCLOS) pada tahun 1982 melaporkan bahwa luas perairan Indonesia adalah 5,8 juta km2 dan di dalamnya terdapat 27,2% dari seluruh spesies flora dan fauna di dunia. Rumput laut atau lebih dikenal dengan sebutan seaweed merupakan salah satu sumber daya hayati yang melimpah di perairan Indonesia yaitu 8,6% dari total biota di laut (Sendy et al., 2014 dalam Alam, 2015).
Rumput laut atau alga sudah dikenal manusia, lama sejak manusia belum memasuki abad Masehi, yaitu sekitar 2.700 tahun SM. Saat itu bangsa Cina di bawah kekuasaan Dinasti Shen Nung telah mengenal serta memanfaatkan rumput laut sebagai salah satu bahan baku pembuatan obat-obatan tradisional. Bangsa Romawi yang terkenal sebagai bangsa berkebudayaan tinggi masa itu, baru menjelang awal abad Masehi, yaitu sekitar 65 tahun SM, mengenal rumput laut. Mereka memanfaatkan rumput laut sebagai bahan baku pembuatan kosmetika. Sejalan dengan kemajuan pengetahuan manusia yang dipelopori negara-negara di Eropa, maka pemanfaatan rumput laut pun terus berkembang dan menyebar, terutama ke negara-negara Eropa Barat. Memanfaatkan rumput laut sebagai bahan baku pembuatan gelas dan pupuk organik (Husni et al., 2014 dalam Alam, 2015).
Algae adalah kelompok tanaman heterogen dan dapat dibagi menjadi dua kelompok utama; mikroalga dan makroalga, yang terakhir ini juga disebut sebagai rumput laut. Makroalga selanjutnya dapat dibagi menjadi ganggang coklat (Phaeophyta), ganggang hijau (Chlorophyta) dan alga merah (Rhodophyta) (Fische, 2016). Rumput laut (makroalga) adalah ganggang alga (algae) yang berbentuk poliseluler dan hidup di laut. Menurut Winarno (1990) dalam Munifah (2008), alga hijau dan biru banyak tumbuh di air tawar, sedangkan alga coklat dan merah hampir secara ekslusif tumbuh di laut sebagai habitatnya. Anggadiredja et al. (2006) dalam Munifah (2008), menyatakan bahwa dari 782 jenis rumput laut Indonesia, hanya 18 jenis dari 5 genus (marga) yang sudah diperdagangkan. Produksi rata-rata rumput laut Indonesia selama 5 tahun (1995-1999) sebesar 38.000 ton per tahun dipanen dari lahan seluas kurang lebih 2.500 ha (tambak dan laut). Dengan demikian, baru termanfaatkan sebesar 9,7% saja dari luas potensi lahan yang ada (Anggadiredja et al., 2006 dalam Munifah, 2008). Contoh dari alga yang dimanfaatkan, yaitu Alaria esculenta dan Palmaria palmata.

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang di atas maka dapat ditentukan rumusan masalah dalam makalah ini seperti berikut.
1.   Apa yang dimaksud Alaria esculenta dan Palmaria palmata?
2.   Bagaimana struktur fisika Alaria esculenta dan Palmaria palmata?
3.   Bagaimana komposisi kimia Alaria esculenta dan Palmaria palmata?
4.   Bagaimana pemanfaatan Alaria esculenta dan Palmaria palmata?

1.3 Tujuan
Berdasarkan uraian rumusan masalah di atas maka dapat ditentukan tujuan dalam makalah ini seperti berikut.
1.   Mengetahui Alaria esculenta dan Palmaria palmata.
2.   Memahami struktur fisika Alaria esculenta dan Palmaria palmata.
3.   Memahami komposisi kimia Alaria esculenta dan Palmaria palmata.
4.   Memahami pemanfaatan Alaria esculenta dan Palmaria palmata.

  
BAB II
PEMBAHASAN

2.1          Definisi
2.1.1     Alaria esculenta
Alaria esculenta adalah anggota dari Alariaceae dan untuk S. latissima anggota dari laminariales. A. esculenta, juga dikenal sebagai Winged kelp, dapat ditemukan di laut Atlantik Utara dan makroalga ini tidak dapat tumbuh pada suhu di atas 16°C. A. esculenta tumbuh dizona sublittoral atas dan dapat ditemui di daerah dengan gelombang seperti S. latissima yang berada pada daerah yang lebih terlindung (Fische, 2016).
Alga coklat Alaria esculenta (Linneaus) Greville, (yang secara harfiah berarti ‘edible wings’), adalah rumput laut cokelat keluarga Alariaceae dan ordo Laminariales (Kelp). Rumput laut ini tumbuh di daerah yang terkena atau di bawah air. Pertumbuhan di daerah yang dibatasi isoterm musim panas 16ºC dan dapat ditemukan di seluruh pantai Irlandia. A. esculenta (satu-satunya spesies asli Irlandia) dapat digunakan sebagai pengganti Undaria pinnatifida (Harvey) Suringar (Wakame) rumput laut yang sangat populer di negara-negara Asia dengan berbagai aplikasi dan hasil lebih dari 500.000 t segar per tahun (Nisizawa et al., 1987; Indergaard dan Minsaas, 1991; Druehl, 1988; Yamanaka dan Akiyama, 1993 dalam Kraan dan Guiry, 2000).
alaria esculenta

Gambar 1. Alaria esculenta
(Sumber: Kraan dan Guiry, 2000)


2.1.2  Palmaria palmata
Klasifikasi Palmaria palmata menurut Kuntze (1891) dalam Werner et al. (2011) sebagai berikut.
Phylum
Rhodophyta
Sub-phylum
Eurhodophytina
Class
Florideophyceae
Sub-class
Nemaliophycidae
Order
Palmariales
Family
Palmariaceae
Species
Palmaria palmata (Linnaeus) O.
palmaria palmata

Gambar 2. Palmaria palmata
(Sumber: Werner et al., 2011)


Alga merah Palmaria palmata (Linnaeus) Weber et Mohr tersebar secara luas di perairan dingin Atlantik Utara dan Samudra Arktik (Irvine dan Guiry, 1983; Bird dan Van der Meer 1993; Guiry dan Guiry 2011 dalam Garbary et al., 2012). Meskipun afinitas dingin, P. palmata hidup di iklim hangat perairan selatan sejauh New Jersey di Atlantik Barat Laut (Taylor, 1957 dalam Garbary et al., 2012) dan Portugal di Eropa, dengan populasi besar di Spanyol Utara (Faes dan Viejo, 2003 dalam Garbary et al., 2012). Seluruh jangkauan P. palmata mungkin menjadi epifit dan biasanya terjadi di intertidal rendah dan zona subtidal ke kedalaman sekitar 20 m (Irvine dan Guiry, 1983; Faes dan Viejo, 2003; Vadas et al., 2004 dalam Garbary et al., 2012).
Di bagian timur Kanada P. palmata ditemukan dari Teluk Fundy melalui Teluk St. Lawrence dan Pulau Newfoundland (Taylor, 1957; Edelstein et al., 1970; Wilson et al., 1979; Selatan dan Hooper, 1980; South et al., 1988 dalam Garbary et al., 2012). Spesies ini dapat berlimpah dan komersial untuk di panen (MacFarlane, 1966; Ffrench, 1974; Chopin dan Ugarte, 2006 dalam Garbary et al., 2012). P. palmata memiliki sejarah panjang pemanfaatan manusia (Guiry dan Guiry, 2011 dalam Garbary et al., 2012) dan di Kanada Timur dikenal luas dan disebut sebagai Dulse. Alga sangat bergizi (Galland-Irmouli et al. 1999 dalam Garbary et al., 2012) dan sebagian besar dikonsumsi sebagai produk (misalnya, MacFarlane, 1966; Bird dan Van der Meer, 1993 dalam Garbary et al., 2012). Akhir-akhir ini, bentuknya serpih dan dicampurkan dalam berbagai makanan (misalnya Rhatigan, 2009 dalam Garbary et al., 2012). Berbagai aspek komposisi kimia telah dievaluasi termasuk konten lipid (Mishra et al., 1993 dalam Garbary et al., 2012) dan antioksidan (misalnya, Yuan et al., 2009; Cornish dan Garbary, 2010 dalam Garbary et al., 2012).

2.2  Struktur Fisika
2.2.1     Alaria esculenta
Alaria esculenta merupakan tanaman berwarna zaitun atau kuning-coklat dengan panjang 4 m dan lebar 25 cm. Akar tertancap erat di dasar, fleksibel, berdaun dan bagian tengah seperti rusuk. Memiliki bagian tubuh gelap-coklat, terbatas pada daun bercabang, biasanya dalam dua baris. Tanaman ni disebut kelp di Irlandia dan Inggris dengan pelepah yang berbeda dan satu-satunya dengan sporangia di dasar daun yang disebut sporophylls (www.macoi.com). Stipe pendek, panjang, blade halus fleksibel, panjang tanaman dapat mencapai 4 meter. Alaria esculenta fleksibel dan memiliki talus halus disesuaikan dengan habitat di pantai (Werner dan Kraan, 2004).
morfologi alaria esculenta

Gambar 3. Morfologi Alaria esculenta
(Sumber: Werner dan Kraan, 2004)


2.2.2  Palmaria palmata
Alga merah Palmaria palmata memiliki talus datar yang biasanya dibagi dalam fork seperti (dichotomously) atau tumbuh palmately, yaitu menjadi lobus memancar dari pusat daun. Tekstur daun membran atau kasar. Daun timbul dari diskoid kecil baik yang melekat secara tunggal atau berkerumun bersama-sama dalam kelompok pada substrat. Stipes yang tidak jelas dan kurang dari 5 mm. Daun dewasa umumnya tumbuh sekitar 50 cm namun bisa mencapai satu meter. Tanaman yang lebih tua sering menunjukkan outgrowths marjinal daun baru. Morfologi dapat sangat bervariasi tergantung pada kondisi lingkungan. Bentuk halus dari Palmaria, yang dikenal sebagai P. palmata var. sarniensis dan var. sobolifera, dapat ditemukan serta bentuk yang khas (var. palmata). Kedua ekotipe cenderung lebih terlindung dan berlumpur dari var. palmata. Palmaria palmata adalah spesies abadi menunjukkan pertumbuhan baru daun setiap tahun. Umur maksimal daun tidak diketahui (Werner et al., 2011).
morfologi palmaria palmata

Gambar 4. Morfologi Palmaria palmata
(Sumber: Werner et al., 2011)


Palmaria palmata adalah alga coklat merah. Daun bervariasi (rata-rata 50-300 mm hingga 1000 mm), warna ungu kemerahan dan tekstur agak kasar. Daun timbul dari dasar diskoid, biasanya dengan stipe kecil berkembang secara sederhana atau dichotomously dan palmately dibagi daun. Lamina lobed yang bercabang secara bertahap dan membagi segmen yang luas mulai dari panjang berukuran 50 cm dan lebar 3-8 cm yang berbentuk datar proliferations baji dari tepi. Bagian yang muda lebih lembut dan bagian yang lebih tua mungkin memiliki 'leaflet' kecil sepanjang margin (www.codif-recherche-et-nature.com).

2.3  Komposisi Kimia
2.3.1     Alaria esculenta
Kelp adalah alga laut yang sehat dan bergizi tinggi serat, vitamin dan mineral, termasuk vitamin C, vitamin K, zat besi, kalsium, yodium dan magnesium dan telah lama menjadi bagian penting dari makanan masyarakat pesisir. Kelps dikonsumsi dalam bentuk salad dan sup serta dapat ditambahkan ke makanan bahkan bir (Marshall Wharf Brewery di Belfast membuat bir rumput laut gula yang disebut "sea belt") untuk meningkatkan rasa dan gizi. Kelp juga berguna dalam industri kecantikan, karena mengandung alginat, vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk rambut dan kulit (Redmond et al., 2016).
Polisakarida adalah metabolit yang banyak terdapat pada organisme laut, terutama ganggang. Tumbuhan seperti ganggang coklat, merah dan hijau dikenal sebagai bahan makanan tradisional bagi orang-orang pesisir. Di banyak negara, ganggang coklat Laminaria, Saccharina, Fucus, Alaria, Sargassum, Undaria, Pelvetia genera, ganggang hijau seperti Ulva spp., Caulerpa lentilifera serta ganggang merah seperti Gracilaria spp., Porphyra spp. dan lain-lain merupakan bagian penting dari diet, bentuk gel sebagai produk makanan asal alga di negara-negara Eropa dan Amerika Serikat. Saat ini, ganggang telah dipasarkan di seluruh dunia sebagai konstituen dari suplemen makanan karena sifat antimutagenik, antikoagulan dan antitumor mereka serta tingginya kandungan serat. Sifat preventif dari fucoidans terhadap kanker telah ditunjukkan dalam banyak percobaan. Misalnya, penurunan pertumbuhan clonogenic sel tumor ditunjukkan setelah pengobatan dengan fucoidans. Penghambatan transformasi sel memberikan bukti tentang potensi anti-tumorigenic fucoidans dari A. nodosum. S. japonica, U. pinnatifida, Alaria sp., dan F. evanescens (Fedorov et al., 2013).
Ekstrak polifenol dari Alaria, Ascophyllum dan Palmaria menghambat proliferasi CaCo-2 sel kanker usus. Ekstrak dari Alaria lebih efektif daripada Ascophyllum dan Palmaria. Nilai-nilai IC50 (konsentrasi ekstrak diperlukan untuk 50% penghambatan) untuk Ascophyllum dan Palmaria yang serupa sekitar 33 lg/ll dan 38 lg/ll. Nilai-nilai ini dalam kisaran yang sama seperti sebelumnya dikutip dalam laboratorium untuk ekstrak kaya fenolik dari raspberry (Ross et al., 2007 dalam Nwosu et al., 2010). Ekstrak Alaria diperkirakan lebih efektif dengan nilai IC50 7 lg/ml (Nwosu et al., 2010).
Galland-Irmouli et al. (1999) dalam Wells et al. (2016) menganalisis satu dulse/bulan (kecuali Agustus) dari Pantai Brittany dengan tiga ulangan teknis dan berhasil ditemukan ~15% protein dari massa kering selama Juni sementara ~23% protein pada November. Sebuah studi musiman (Oktober 2010-Oktober 2011, 3-8 bulan sampel/spesies) kadar protein empat kelps (Laminaria digitata, Laminaria Hyperborea, Saccharina latissima, Alaria esculenta) menunjukkan hubungan terbalik antara protein lebih tinggi di musim dingin dan polisakarida tinggi di musim panas, serta jelas menunjukkan kandungan protein yang lebih tinggi dari Alaria esculenta dibandingkan dengan kelps lainnya (Schiener et al., 2015 dalam Wells et al., 2016).
kandungan gizi alaria esculenta

Gambar 5. Kandungan gizi Alaria esculenta
(Sumber: www.ceva.fr)


2.3.2     Palmaria palmata
Menurut Fleurence (1999) dalam Fische (2016) fraksi protein di ganggang merah bervariasi antara 10-47% (dw) dan untuk P. palmata kandungan protein sekitar 35% (dw). Morgan et al. (1980) dalam Fische (2016) menemukan kandungan karbohidrat dalam P. palmata berada di sekitar 38-74% (dw) dan lipid sekitar 0,2 -3,8% (dw). Ganggang merah biasanya mengandung sekitar 8-30% abu (dw) dan jumlah abu P. palmata sekitar 15-30% (dw). P. palmata mengandung lipid 0,3-3,8% (dw). P. palmata telah ditemukan mengandung protein yang bervariasi 9-25% (dw) tergantung pada musim dan jumlah yang lebih tinggi selama musim dingin kemudian selama musim panas. Harnedy dan FitzGerald (2011) menemukan kandungan asam glutamat, serin dan alanin pada P. palmata yang tinggi jika dipanen di akhir musim dingin dan musim semi, serta di September dan Oktober, sedangkan tingkat yang rendah dalam sampel dari Juli dan dari November-Januari. Selain itu kadar histidin, leusin, lisin, fenilalanin, tirosin dan treonin menurun dalam sampel P. palmata dipanen pada periode April sampai September. Juga telah ditemukan bahwa kandungan protein lebih rendah ketika sintesis karbohidrat mencapai puncaknya. Dalam P. palmata fraksi asam amino utama terdiri leusin, valin dan metionin. P. palmata juga telah dilaporkan mengandung glisin dalam jumlah tinggi.
Palmaria palmata sebagai salah satu dari sedikit rumput laut di Eropa untuk konsumsi manusia, komposisi kimia dari Palmaria telah menarik perhatian sejak lama (Morgan et al., 1979 dalam Werner et al., 2011). Dalam beberapa tahun terakhir, kesadaran akan kesehatan meningkat di kalangan masyarakat umum dan pencarian sumber protein baru untuk pakan ternak dan senyawa bioaktif baru, telah menyebabkan penyelidikan lebih lanjut pada rumput laut, yang akibatnya telah meningkatkan berbagai aplikasi untuk kesehatan makanan, suplemen makanan, kosmetik dan juga aplikasi medis (Løvstad Holdt dan Kraan, 2011; Indergaard dan Minsass, 1991 dalam Werner et al., 2011). Palmaria palmata memiliki kandungan protein yang relatif tinggi cocok untuk makanan manusia dan hewan. Kandungan protein bisa meningkat bila di budidaya terpadu atau dibudidayakan dengan abalone (Langdon et al., 2004 dalam Werner et al., 2011). Palmaria palmata juga merupakan sumber vitamin dan mineral serta antioksidan, yang menangkal radikal bebas. Kandungan bahan kimianya berbeda dan bervariasi tergantung musim dan lokasi (Hagen Rogge et al., 2004 dalam Werner et al., 2011). Konsentrasi senyawa kimia yang ditemukan dalam Palmaria palmata ditunjukkan pada Gambar 6.
komposisi kimia palmaria palmata

Gambar 6. Komposisi kimia Palmaria palmata
(Sumber: Morrissey et al., 2001 dalam Werner et al., 2011)


Kualitas gizi dan manfaat kesehatan dari dulse atau P. palmata memiliki aplikasi potensial dalam makanan dan industri nutraceutical berdasarkan kandungan serat, mineral, protein tinggi, serta antioksidan hidrofilik senyawa termasuk asam L-askorbat, glutathione (GSH), polifenol dan asam mycosporine seperti amino (MAA) (Ólafsdóttir et al., 2009).
Palmaria palmata mengandung asam amino esensial leusin, valin dan metionin. Rata-rata tingkat asam amino tertinggi, yaitu ovalbumin. Di sisi lain, jumlah isoleusin dan treonin sama seperti pada polong. Histidin adalah asam amino esensial yang baik untuk anak-anak, jumlahnya sama pada polong-polongan dan protein telur (Fleurence, 1999). Palmaria palmata (dulse) adalah rumput laut dapat dimakan diketahui sangat kaya akan kalium. Dulse dikenal tinggi kalium, dengan konsentrasi dilaporkan mulai dari 22,2-122 mg/g berat kering. Dengan perbandingan, pisang (Musa acuminata Colla), dikenal sebagai sumber kalium, memiliki kandungan kalium yang dilaporkan sekitar 3,58 mg/g. Untuk menempatkan ini dalam perspektif, 200 g dulse dikonsumsi oleh pasien hyperkalemia adalah setara (dalam hal berat badan) dua pisang, konsentrasi kalium 34 kali. Rata-rata asupan makanan sehari-hari kalium adalah antara 1550 dan 4700 mg, lebih dari 90% yang diserap melalui saluran gastrointestinal (McGrath et al., 2010).
Palmaria palmata merupakan sumber yang baik untuk diet, kaya akan kalium, zat besi, yodium dan sodium relatif rendah. Dapat menyediakan lebih dari 100% jumlah harian vitamin B6, 66% dari vitamin B12, zat besi dan fluoride. Itu sebabnya manusia telah memakannya sejak abad 10. Salah satu manfaat penting dari Palmaria palmata adalah sumber vitamin. Vitamin C membantu dalam mencegah kondisi seperti kudis, yang mungkin timbul akibat kekurangan vitamin C. Vitamin A untuk diet dan membantu mencegah penyakit seperti kebutaan, penyakit terkait sumsum tulang, sel-sel darah putih dan banyak lainnya. Vitamin B meningkatkan fungsi otak dan kesehatan sistem saraf. Dulse juga dapat direkomendasikan untuk memperbaiki kekurangan mineral seperti anemia (karena kandungan zat besi yang tinggi), untuk meningkatkan proses pencernaan, untuk memperbesar tiroid (karena kandungan yodium yang tinggi) dan untuk kelenjar. Dulse bermanfaat bagi impotensi. Dulse rumput laut ini mengandung fluor yang berfungsi meningkatkan sistem pertahanan tubuh dan memperkuat gigi serta tulang. Juga berguna terhadap virus herpes. Karaginan yang tinggi memberikan fluidifying dan toning, sangat baik untuk dinding pembuluh darah dan mikrosirkulasi lemak dalam tubuh (www.codif-recherche-et-nature.com).
komposisi asam amino beberapa alga

Gambar 7. Komposisi asam amino beberapa alga (gram asam amino/100 g protein)
(Sumber: Fleurence, 1999)

kandungan gizi palmaria palmata

Gambar 8. Kandungan gizi Palmaria palmata
(Sumber: www.ceva.fr)


2.4        Pemanfaatan Alaria esculenta dan Palmaria palmata
2.4.1  Makanan Manusia
Makroalga dimanfaatkan sebagai makanan di China, Jepang, Korea, Filipina dan beberapa negara Asia lainnya. Produsen terbesar adalah China, yang memanen sekitar 5 juta ton/tahun (McHugh, 2003). Misalnya, "nori", sebenarnya Porphyra spp., yang digunakan untuk membuat sushi, saat ini industri di Asia dengan omset tahunan US$1x109 (Pulz dan Gross, 2004). Spesies lain yang digunakan sebagai makanan manusia yang Monostroma spp., Ulva spp., Laminaria spp., Undaria spp., Hizikia fusiformis, Chondrus crispus, Caulerpa spp., Alaria esculenta, Palmaria palmata, Callophyllis variegata, Gracilaria spp. dan Cladosiphon kamuranus (Hallmann, 2007).
Palmaria palmata secara luas digunakan untuk makanan, dikeringkan dan dimakan mentah, di Irlandia, Skotlandia, Islandia, Norwegia dan Perancis. Ganggang ini merupakan salah satu dari beberapa rumput laut dengan rasa yang lezat (sedikit rasa pedas); sifat-sifatnya yang mirip dengan bumbu. Di Islandia di makan dengan mentega. Di goreng cepat, panggang dalam oven tertutup dengan keju, dengan salsa, atau di oven sebentar. Digunakan dalam sup, sandwich dan salad, atau ditambahkan ke roti atau adonan pizza. Palmaria palmata juga dijual sebagai bumbu dan rempah-rempah, atau sebagai pengganti garam (www.codif-recherche-et-nature.com).
produk kelp

Gambar 9. Berbagai produk makanan dari kelp
(Sumber: Remond et al., 2016)


2.4.2  Pakan Hewan
Banyak evaluasi menunjukkan kesesuaian biomassa alga sebagai suplemen pakan (Becker, 2004 dalam Hallmann, 2007). Terutama mikroalga Spirulina dan Chlorella digunakan sebagai pakan untuk banyak jenis hewan: kucing, anjing, ikan, burung, kuda, unggas, sapi dan kerbau (Spolaore et al., 2006 dalam Hallmann, 2007). Makroalga seperti Ulva spp., Porphyra spp., Palmaria palmata, Gracilaria spp., dan Alaria esculenta digunakan sebagai pakan. Semua alga ini mampu meningkatkan kandungan gizi dan mempengaruhi fisiologi hewan-hewan tersebut.
Palmaria palmata dianggap menjadi pakan yang seimbang untuk abalone, dengan protein, kadar lemak, dan karbohidrat 15, 3-5 dan 20-30 (Mercer et al., 1993 dalam Rosen et al., 1999). Alaria esculenta digunakan di Skotlandia dan Irlandia untuk konsumsi manusia dan pakan ternak serta digunakan sebagai pupuk (Newton, 1931; Guiry dan Hession, 1996; Guiry, 1997 dalam Kraan et al., 2000). Alaria esculenta kaya gula, protein, vitamin dan logam lainnya serta mengandung 42% asam alginat (Indergaard dan Minsaas, 1991; Lewallen dan Lewallen, 1996 dalam Kraan et al., 2000). Spesies ini dibudidayakan untuk pakan ternak dan produk perawatan tubuh (Guiry dan Blunden, 1991; Guiry, 1997 dalam Kraan et al., 2000). Akhir-akhir ini, digunakan sebagai bahan makanan dalam akuakultur untuk herbivora, moluska, bulu babi, udang dan ikan (Yone et al., 1986; Moss, 1994; Stuart dan Brown, 1994; Mai et al., 1996; Nakagawa et al., 1997 dalam Kraan et al., 2000). Sejauh ini, uji coba budidaya A. esculenta telah dilakukan dengan sukses di Isle of Man (Kain dan Dawes, 1987 dalam Kraan et al., 2000) dan Ard Bay, Connamora, Irlandia (Kraan da Guiry, tidak diterbitkan dalam Kraan et al., 2000), dan panen 9 t ha-1 dalam waktu 3 bulan.

2.4.3 Sumber Senyawa Bioaktif
Burgess et al., (2003) dan Hellio et al., (2003) dalam Munifah (2008) menyatakan dalam hasil penelitiannya bahwa alga jenis Ulva lactuca memiliki aktivitas sebagai senyawa antifouling, sedangkan beberapa alga lain seperti Fucus serratus, Fucus spiralis, Laminaria sp., Palmaria palmate, Corallina officinalis, Chondrus crispus, Poryphera umbilicas, Codium fragile sp. atlanticum, Mastocarpus stellatus, Leathesia difformis, Himanthalia elongate, Delesseria sanguinea, Dilesia carnosa dan Halidrys siliquosa merupakan sumber bakteri epifitik yang dapat menghasilkan senyawa bioaktif.

2.4.4 Industri
Ganggang merah digunakan sebagai makanan manusia, terutama di Asia Timur. Spesies yang umumnya digunakan sebagai makanan, yaitu Porphyra spp. dan Palmaria palmata. Sementara Porphyra spp. digunakan di Asia Timur, P. palmata digunakan di Islandia, Irlandia dan negara-negara Eropa lainnya. Ganggang merah umumnya lebih kecil dari rumput laut coklat dan biomassa juga kurang substansial. Mereka dikenal memiliki kandungan protein yang tinggi yang dapat dimanfaatkan. Kandungan paling signifikan dalam alga merah adalah polisakarida pati floridean yang berfungsi sebagai cadangan karbohidrat dan galaktan sulfat; agar dan karagenan. Selain itu digunakan dalam industri makanan sebagai pembentuk gel, penebalan dan agen stabilisasi. Mereka juga diterapkan dalam industri farmasi dan kosmetik (Fische, 2016).
Palmaria palmata dikenal menghasilkan produk kosmetik. Mudah menemukan alga ini dalam perawatan kulit seperti pembersih wajah, pelembab, garam mandi, minyak pijat, shampoo, sabun dan lain-lain (www.codif-recherche-et-nature.com).
sabun kelp

Gambar 10. Sabun kelp
(Sumber: Redmond et al., 2016)


  
BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Dari pembahasan diatas dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut.
·      Alaria esculenta adalah anggota dari Alariaceae juga dikenal sebagai Winged kelp, dapat ditemukan di laut Atlantik Utara. Alga merah Palmaria palmata (Linnaeus) Weber et Mohr tersebar secara luas di perairan dingin Atlantik Utara dan Samudra Arktik.
·      Alaria esculenta merupakan tanaman berwarna zaitun atau kuning-coklat dengan panjang 4 m dan lebar 25 cm. Alga merah Palmaria palmata memiliki stipes yang tidak jelas dan kurang dari 5 mm. Daun dewasa umumnya tumbuh sekitar 50 cm namun bisa mencapai satu meter.
·      Alaria esculenta adalah alga laut yang sehat dan bergizi tinggi serat, vitamin dan mineral, termasuk vitamin C, vitamin K, zat besi, kalsium, yodium, magnesium, polisakarida, fucoidans dan polifenol. Palmaria palmata mengandung protein, karbohidrat, abu, lipid, asam glutamat, serin, alanin, histidin, leusin, lisin, fenilalanin, tirosin, treonin, valin, metionin, glisin juga merupakan sumber vitamin dan mineral serta antioksidan.
·      Pemanfaatan Alaria esculenta dan Palmaria palmata sebagai makanan manusia, pakan hewan, sumber senyawa bioaktif dan untuk bidang industri.
  

DAFTAR PUSTAKA

Alam, A. S. 2015. Uji daya hambat ekstrak alga coklat spesies Padina sp. terhadap pertumbuhan bakteri Porphyromonas gingivalis dan Staphylococcus aureus. Skripsi. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin Makassar.
CEVA (Centre d'Etude et de Valorisation des Algues), Pleubian, France. Nutritional Data Sheet of Alaria esculenta and Palmaria palmata. www.ceva.fr
Codif Recherche & Nature. Palmaria palmata. www.codif-recherche-et-nature.com. Saint Malo Cedex France.
Fedorov, S. N., S. P. Ermakova, T. N. Zvyagintseva dan V. A. Stonik. 2013. Anticancer and cancer preventive properties of marine polysaccharides: some results and prospects. Marine Drugs 2013 (11): 4876-4901.
Fische, S. M. R. 2016. Characterization of three Macroalgae: Saccharina latissima, Alaria esculenta and Palmaria palmata-Effect of Different Harvesting Conditions. Norwegian University of Science and Technology.
Fleurence, J. 1999. Seaweed proteins: biochemical, nutritional aspects and potential uses. Trends in Food Science and Technology 10 (1999): 25-28.
Garbary, D. J., L. F. Beveridge, A. D. Flynn dan K. L. White. 2012. Population ecology of Palmaria palmata (Palmariales, Rhodophyta) from harvested and non-harvested shores on Digby Neck, Nova Scotia, Canada. Algae 27(1): 33-42.
Hallmann, A. 2007. Algal transgenics and biotechnology. Transgenic Plant Journal 1(1): 81-98.
Kraan, S., A. V. Tramullas dan M. D. Guiry. 2000. The edible brown seaweed Alaria esculenta (Phaeophyceae, Laminariales): hybridization, growth and genetic comparisons of six Irish populations. Journal of Applied Phycology 12 (2000): 577-583.
Kraan, S. dan M. D. Guiry. 2000. Phase II: Strain hybridisation field experiments and genetic fingerprinting of the edible brown seaweed Alaria esculenta. Department of Botany, Martin Ryan Institute, National University of Ireland, Galway, Ireland.
Macoi. 2008. Alaria esculenta (Linnaeus) Greville. www.macoi.com Portuguese Seaweeds Website University of Coimbra.
McGrath, B. M., J. P. Harmon dan G. Bishop. 2010. Palmaria palmata (Dulse) as an unusual maritime aetiology of hyperkalemia in a patient with chronic renal failure: a case report. Journal of Medical Case Reports 4 (2010): 1-3.
Munifah, I. 2008. Prospek pemanfaatan alga laut untuk industri. Squalen 3 (2): 58-62.
Nwosu, F., J. Morris, V. A. Lund, D. Stewart, H. A. Ross dan G. J. McDougall. 2010. Anti-proliferative and potential anti-diabetic effects of phenolic-rich extracts from edible marine algae. Food Chemistry 126 (2011): 1006-1012.
Ólafsdóttir, G., T. Wang, R. Jónsdóttir, H. K. Kristinsson, G. Ó. Hreggviðsson dan G. Þorkelsson. 2009. Palmaria palmata in food formulations as natural antioxidant and functional ingredient. University of Iceland.
Redmond, S., S. Belknap dan R. C. Uchenna. 2016. Aquaculture in Shared Waters Kelp Aquaculture. Island Institute.
Rosen, G., C. J. Langdon dan F. Evans. 1999. The nutritional value of Palmaria mollis cultured under different light intensities and water exchange rates for juvenile red abalone Haliotis rufescens. Aquaculture 185 (2000): 121-136.
Wells, M. L., P. Potin, J. S. Craigie, J. A. Raven, S. S. Merchant, K. E. Helliwell, A. G. Smith, M. E. Camire dan S. H. Brawley. 2016. Algae as nutritional and functional food sources: revisiting our understanding. J Appl Phycol.
Werner, A., M. Dring, L. Watson, M. Edwards, F. O‟Mahony, I. Connellan dan C. Maggs. 2011. Aquaculture Explained Cultivating Palmaria palmata. Marine Institute.
Werner, A. dan S. Kraan. 2004. Review of the potential mechanisation of kelp harvesting in Ireland. Marine Environment and Health Series. 17 (2004). Irish Seaweed Centre, Martin Ryan Institute, National University of Ireland, Galway.

Comments

Popular posts from this blog

Ikan Sebelah (Psettodes erumei)

1.   PENDAHULUAN 1.1   Latar Belakang Kekayaan alam laut Indonesia yang luas berpotensi menghasilkan hasil laut yang beraneka ragam dengan jumlah yang cukup besar yaitu sebanyak 6,26 juta ton per tahun. Hasil produksi perikanan laut ( marine fisheries ) di Indonesia mengalami peningkatan dari tahun 2008 sampai dengan tahun 2012 mencapai 3,24 %, dimana pada tahun 2012 hasil produksi ikan laut sebanyak 5.829.194 ton. Hasil laut terutama ikan diolah untuk menjadi bahan pangan masyarakat (Purba et al., 2015). Tingkat konsumsi ikan Indonesia setiap tahun mengalami peningkatan, dimana pada tahun 2013 mencapai 35,62 kilogram per kapita dari tahun 2012, yaitu sebanyak 33,14 kilogram per kapita (Purba et al., 2015). Indonesia memiliki wilayah perairan tropis yang terkenal kaya dalam perbendaharaan jenis-jenis ikannya. Berdasarkan penelitian dan beberapa literatur diketahui tidak kurang dari 3.000 jenis ikan yang hidup di Indonesia.Dari 3.000 jenis tersebut sebanyak 2.700 jenis (90%) hidup di p

Teknik Pendinginan Produk Perikanan

BAB I PENDAHULUAN 1.1         Latar Belakang Setelah meratifikasi Montreal Protocol pada tahun 1992 dan Kyoto Protocol pada tahun 1996, Indonesia juga tidak luput dari permasalahan global yang dihadapi oleh industri pendinginan dunia sebagai dampak dari kedua perjanjian internasional di atas. Dengan demikian, penelitian di bidang refrigeran dan pendinginan sangat penting dan bermanfaat dilakukan di Indonesia. Jenis refrigeran yang cocok diteliti kemungkinan pemakaiannya di lndonesia adalah refrigeran hidrokarbon, karena selain bersifat alami (natural) hidrokarbon juga tersedia sebagai sumber daya alam yang relatif besar. Penggunaan refrigeran hidrokarbon juga dapat menghemat energi bila dibanding refrigeran R12 (Maclaine dan Leonardi, 1997 dalam Sihaloho dan Tambunan, 2005 ). Aisbett dan Pham (1998) dalam Sihaloho dan Tambunan (2005) menyatakan bahwa penggunaan hidrokarbon sebagai refrigeran pengganti CFC dan HFC dapatmemberikan penghematan biaya yang signifikan untuk

TVBN, TMA, TMAO dan Histamin

BAB I PENDAHULUAN 1.1         Latar Belakang Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki garis pantai sepanjang kurang lebih 81.000 km. Luas wilayah laut, termasuk di dalamnya Zona ekonomi Eksklusif mencakup 5,8 juta kilometer persegi (Dahuri, 2001 dalam Haryono, 2005). Di dalam wilayah laut dan pesisir tersebut terkandung kekayaan sumber daya laut yang amat besar, mulai dari ikan, kepiting, udang, kerang dan berbagai sumber daya laut lainnya yang siap untuk dieksploitasi nelayan. Secara teoritis, dengan kekayaan laut yang demikian besar, nelayan mampu hidup berkecukupan (Haryono, 2005). Ikan dikenal sebagai suatu komoditi yang mempunyai nilai gizi tinggi namun mudah busuk karena mengandung kadar protein yang tinggi dengan kandungan asam amino bebas yang digunakan untuk metabolisme mikroorganisme, produksi amonia, biogenik amin, asam organik, keton dan komponen sulfur (Liu et al. 2010 dalam Radjawane et al. , 2016). Ikan termasuk dalam kategori makanan yang cepat busuk